antonio meucci vs graham bell

27 Mei 2012

sumber gambar: duniaberputar19.blogspot.com

Ada apa dengan mereka berdua? Yarp, mereka berdua adalah tokoh yang disebut sebagai pencipta telephone. Sebelumnya gue cuma tau kalo telephone yang sekarang gue pake adalah hasil karya Graham Bell, tetapi ternyata, disebuah kongres yang diadakan di Amerika, pada Juni 2002 lalu menetapkan Antonio Meucci sebagai penemu telephone. Lalu, berarti selama ini kita ditipu oleh yang namanya sejarah dong?? Lalu, siapa sih sebenernya yang menciptakan telephone ini? Lalu seperti apa Antonio Meucci itu?

Antonio Meucci adalah seorang berkebangsaan Italy, Meucci adalah lulusan Akademi Kesenian Firenze, yang pada tahun 1871 telah mematenkan temuannya itu. Pada tahun 1850 Meucci hijrah ke State Islan, New York, pada saat itu Meucci jatuh miskin, tetapi ia masih terus mengembangkan temuannya, yaitu telephone. Dikarenakan perekonomian yang sulit dan Meucci mengalami sakit keras, istrinya menjual beberapa alat ciptaannya hanya dengan harga beberapa dollar saja, untuk mendanai pengobatan Meucci. Dan pada tahun 1871, karena tak punya uang untuk mematenkan temuannya itu, akhirnya Meucci hanya mematenkan temuannya itu hanya dengan jangka waktu setahun saja, dengan opsi harus diperpanjang tiap tahunnya.

Namun pada tahun 1876, Graham Bell menyandang sebagai penemu telephone, setelah mengetahui hal itu, Meucci memanggil seorang pengacara untuk memprotes kepada kantor hak paten Amerika di Washington. Dalam hal ini, Meucci mengalami kekalahan. Namun setelah adanya permusuhan antara Graham Bell dan sebuah perusahaan telegraph Western Union yang notabene adalah perusahaan yang sebelumnya pernah ditawari alat demonstrasi oleh Meucci. Pihak Western Union mengakui bahwa ada persetujuan yang mengharuskan Graham Bell membayar 20% atas keuntungan komersil barang temuan Meucci itu selama 17 tahun. Meucci wafat pada Oktober 1889. Sampai sekitar seabad kemudian, kongres di Amerika itu baru menetapkan Meucci sebagai penemu telephone.

Yang menjadi pertanyaan, semudah itukah orang-orang menulis sejarah palsu? Dan ini fakta bahwa materi sudah menjadi alat yang dapat berbuat apa saja sejak jaman dulu kala. Lalu, kenapa baru setelah Seabad lebih hal ini ada pelurusan? Percayakah kalian dengan penetapan Meucci sebagai penemu telephone yang sesungguhnya? atau tetap kekeuh menerima Graham Bell sebagai penemu yang sebenarnya? Biar bagaimana pun hal ini telah menipu banyak orang. Atau ini sebuah konspirasi dagangkah? karena seperti yang kita tahu, Western Union adalah sebuah perusahaan yang sebenarnya membutuhkan sebuah promosi besar untuk memperkenalkan pada khalayak luas. Memang keberadaan Western Union ini sudah sangat lama, dan tak bisa dipungkiri, perusahaan ini adalah salah satu perusahaan besar di bidang telegraph dan pengiriman uang. Tapi apapun itu, hal ini tak bisa begitu saja diterima, karena gue yakin masih banyak yang belum tau cerita ini. Gue sih belum tau ada gak refisi tentang buku sejarah di sekolah-sekolah yang baru ini. Tetapi satu yang bikin gue bingung, bila Meucci adalah bener penemu telephone yang sesungguhnya, maka berapa juta orang dibumi ini yang udah ditipu oleh sejarah. Hahahahahaha,.. Dan tentunya gue salh satu diantara sekian banyak itu ;p


don't judge each day by the harvest you reap, but by the seeds that you plant.
-Robert Louis Stevenson-

0 komentar:

Posting Komentar